Melakukan Return Barang

cb04a766-e470-46f8-87ca-217337c702e6.png

Bagaimana jika pada barang yang dikirim distributor ada yang rusak ?

Bapak/ibu dapat melakukan langkah-langkah berikut :

  1. Pilih deliery yang akan dilakukan konfirmasi barang rusak. Akan muncul tampilan seperti dibawah, kemudian pilih "konfirmasi penerimaan". f67d1ed7-e473-47b1-b397-7a34f2a90591.png
  2. Setelah dikonfirmasi akan muncul tampilan seperti dibawah : d161c1d2-c4d0-4f84-b565-c43dc0a261e2.png

    Jika muncul seperti diatas, silahkan isikan qty barang rusak pada field Barang Rusak, selanjutnya upload SPJ, dan terima barang.
  3. Jika sudah diisi, maka bapak/ibu tinggal menunggu konfirmasi dari distributor, apakah return disetujui atau ditolak.
    - Pada hal ini distributor bisa menentukan piihan, apakah toko akan di terima retunnya kemudian di potong invoice / dikirimkan ulang sisa barang rusak
    - Jika distributor menolak return toko maka distribtuor menganggap semua barang yang diterima toko baik.
  4. Jika pengajuan return pertama ditolak, maka toko memiliki 1 kali kesempatan lagi untuk mengajukan return. Berikut adalah tampilan jika return barang ditolak oleh distributor :9570222d-7d67-4b5b-86e4-f80fb355cbd4.png
  5. SIlahkan pilih Konfirmasi Bad Quantity untuk melakukan return kembali.
  6. Jika sudah memilih Konfirmasi Bad Quantity maka akan diarahkan ke halam pengisian barang rusak seperti pada step 2.
  7. Jika distributor menerima return maka distributor dapat memilih berapa qty yang akan di anggap rusak oleh toko, tidak lebih dari laporan barang rusak toko.
    Kemudian distributor dapat mengirimkan kembali barang rusak atau memotong invoice.
  8. Jika distributor mengirimkan kembali return toko maka toko berkewajiban melakukan konfimasi pesanan diterima sam seperti step 2
  9. Jika distributor memilih untuk potong invoice maka tamilan akan seperti ini. 5969f8b6-fdf0-4e40-b7ec-d1915d5e9b66.png

    Dimana qty diterima dan total harga akan di adjust / disesuaikan dengan barang yang dianggap baik.

Note : Penyelesaian jenis lain, bisa diselesaikan diluar sistem oleh distributor dan toko.

Berita Lainnya

SIG Hadirkan Layanan Ready Mix Go to Retail Berbasis Online

Saat ini Pemerintah mulai melakukan relaksasi atau pelonggaran kebijakan yang sebelumnya diterapkan ditengah pandemi Covid-19. Masyarakat akan tetap menjalankan aktivitas normal, namun dengan menerapk...

SIG Mantabkan Posisi Sebagai Penyedia Solusi Bahan Bangunan Terintegrasi Melalui Pengembangan Inovasi Produk dan Layanan

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus berupaya meningkatkan volume penjualan domestik seiring dengan pertumbuhan permintaan semen nasional di tengah tantangan kompetisi yang semakin ketat dan k...