Melakukan Return Barang

cb04a766-e470-46f8-87ca-217337c702e6.png

Last Update : 20 Januari 2022

Bagaimana jika pada barang yang dikirim distributor ada yang rusak ?

  1. Pilih pesanan yang akan dilakukan konfirmasi barang rusak. Akan muncul tampilan seperti dibawah, kemudian pilih "konfirmasi penerimaan". f67d1ed7-e473-47b1-b397-7a34f2a90591.png
  2. Setelah dikonfirmasi akan muncul tampilan seperti dibawah :
    - Silahkan isi kuantitas yang akan di-return pada kolom Barang Rusak
    - Selanjutnya anda wajib mengunggah/upload SPJ
    - Jika telah sesuai silahkan klik Terima Barang
  3. d161c1d2-c4d0-4f84-b565-c43dc0a261e2.png
  4. Jika sudah diisi, maka anda tinggal menunggu konfirmasi dari distributor, apakah return disetujui atau ditolak.
    - Pada hal ini distributor bisa menentukan piihan, apakah pengajuan return dari toko akan di terima kemudian di potong invoice / dikirimkan ulang sisa barang rusak tersebut
    - Jika distributor menolak return toko maka distribtuor menganggap semua barang yang diterima toko baik.
  5. Jika pengajuan return pertama ditolak, maka toko memiliki 1 kali kesempatan lagi untuk mengajukan return. Berikut adalah tampilan jika return barang ditolak oleh distributor :9570222d-7d67-4b5b-86e4-f80fb355cbd4.png
  6. SIlahkan pilih Konfirmasi Kualitas Buruk untuk melakukan return kembali.
  7. Jika sudah memilih Konfirmasi Kualitas Buruk maka akan diarahkan ke halaman pengisian barang rusak seperti pada step 2.
  8. Jika distributor menerima return maka distributor dapat memilih berapa qty yang akan di anggap rusak oleh toko, tidak lebih dari laporan barang rusak toko. Kemudian distributor dapat mengirimkan kembali barang rusak atau memotong invoice.
  9. Jika distributor mengirimkan kembali return toko, maka toko berkewajiban melakukan konfimasi penerimaan barang kembali
  10. Jika distributor memilih untuk potong invoice maka tampilan akan seperti ini. 5969f8b6-fdf0-4e40-b7ec-d1915d5e9b66.png

    Dimana qty diterima dan total harga akan di adjust / disesuaikan dengan barang yang dianggap baik.

Note : Penyelesaian jenis lain, bisa diselesaikan diluar sistem oleh distributor dan toko.

Berita Lainnya

SIG Hadirkan Layanan Ready Mix Go to Retail Berbasis Online

Saat ini Pemerintah mulai melakukan relaksasi atau pelonggaran kebijakan yang sebelumnya diterapkan ditengah pandemi Covid-19. Masyarakat akan tetap menjalankan aktivitas normal, namun dengan menerapk...

SIG Mantabkan Posisi Sebagai Penyedia Solusi Bahan Bangunan Terintegrasi Melalui Pengembangan Inovasi Produk dan Layanan

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) terus berupaya meningkatkan volume penjualan domestik seiring dengan pertumbuhan permintaan semen nasional di tengah tantangan kompetisi yang semakin ketat dan k...